CONTOH ANALISIS JABATAN GURU KELAS SD
FORM ANALISA JABATAN
|
A.
|
Utama
|
|
|
|
|
Nama
Jabatan
|
:
|
Guru kelas
|
|
|
Ikhtisar
jabatan
( ringkasan dari
Tupoksi )
|
:
|
Membuat
RPP,Melaksanakan KBM, Menyelesaikan Administrasi Kelas
|
|
|
Uraian
Jabatan
( beradasarkan
tupoksi )
|
:
|
- Menyusun kurikulum
pembelajaran pada satuan pendidikan
- Menyusun silabus
pembelajaran
- Menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran
- Melaksanakan kegiatan
pembelajaran
- Menyusun alat ukur / soal
sesuai mata pelajaran
- Menilai dan mengevaluasi
proses dan hasil belajar pada mata pelajaran di kelasnya
- Menganalisis hasil
penilaian pembelajaran
- melaksanakan
pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi
- melaksanakan pengembangan
diri
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
:
|
- Kelancaran KBM di Kelas
-
Membentu Kelancaran dalam Pelaksanaan PSB
-
Kelancaran dalam penyelesaian Administrasi
Kelas
-
Kelengkapan Bekas-berkas Inventaris Kelas
|
|
|
Wewenang
|
:
|
-
Menetapkan Pembagian Tugas Piket Kelas
-
Memberi
penilaian Kinerja Siswa
-
Memberi
Bimbingan pada Siswa
-
|
|
|
Butir
Informasi Lain
|
:
|
.............................
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
Bahan
Kerja
|
|
|
|
|
Bahan Kerja
|
:
|
Perundang-undangan, peraturan –peraturan
dan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah
|
|
|
Penggunaan
Dalam Tugas
|
:
|
Sebagai dasar untuk
melaksanakan tugas di Bidang Pendidikan dan untuk Memajukan Pendidikan Nasional
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
Perangkat
/ Alat Kerja
|
|
|
|
|
Perangkat /
Alat Kerja
|
:
|
Kurikulum, Silabus,RPP,Alat
peraga, Buku Pelajaran
|
|
|
Digunakan
untuk Tugas
|
:
|
Sebagai
Pelaksanaan Tugas Guru kelas dalam Kegiatan
Belajar Mengajar
|
|
|
|
|
|
|
D.
|
Hasil
kerja
|
|
|
|
|
Hasil Kerja
|
:
|
-
Terlaksananya KBM yang baik
-
Terciptanya keharmonisan antar siswa di
kelas
-
Menghasilkan Lulusan yang sesuai dengan
VISI dan MISI sekolah
-
Terjaganya Kerjasama antara Guru dan Wali
Murid dalam Memberikan Bimbingan Belajar pada Peserta Didik
|
|
|
Satuan Hasil
|
:
|
Kelas yang
Aman, Nyaman, Tentram dan Bersahaja
|
|
|
|
|
|
|
E.
|
Korelasi
|
|
|
|
|
Jabatan
|
:
|
Guru,
Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, KUPTD Pendidikan,dan Dinas Pendidikan
kab.OKU
|
|
|
Unit Kerja / Instansi
|
:
|
SD Negeri
179 OKU / Dinas Pendidikan Kab. OKU
|
|
|
Dalam Hal
|
:
|
Koordinasi.
|
F. Kondisi
Lingkungan Kerja ( diconteng yang
sesuai )
Tempat Kerja : □√ Dalam Ruangan □ Luar Ruangan
Suhu : □√ Dingin □
Panas
Udara : □√ Sejuk □
Kering
Keadaan Ruangan : □ Baik □√ Cukup □ Tidak Baik
Letak : □√ Strategis □ Tidak Strategis
Penerangan : □√ Terang □ Redup □ Gelap
Suara : □√ Tenang □
Bising
Keadaan Tempat :
□√ Bersih & rapi □ Tidak Teratur
Getaran : □ Ada □√
Tidak Ada
|
G.
|
Resiko Bahaya
|
|
|
|
|
Fisik / Mental
|
:
|
Tidak ada
|
|
|
Penyebab
|
:
|
Tidak ada
|
H. Syarat Jabatan
• Form Syarat Jabatan
Pangkat
/ Golongan : Penata Muda, III/a
Pendidikan : S 1 PGSD
•
Kursus / Diklat
Penjejangan :
□ Sepada
□
Sepala/Adum/Diklat PIM Tk. IV
Penjejangan □ Sepadya/Spama/Diklat
PIM Tk. III
□ pamen/Sespa/Sespanas/Diklat PIM Tk. II
Penjejangan □ Sepati
Diklat PIM Tk. I
□√ Prajabatan
Penjejangan □ KRA/KSA
Lemhanas
•
Teknis :
Diklat
Penulisan Karya Ilmiah
•
Pengalaman Kerja : .............................
•
Pengetahuan Kerja : .............................
•
Keterampilan Kerja : Mengajar dan Memberikan
Bimbingan kepada Peserta Didik
•
Bakat Kerja ( dicontreng yang sesuai )
|
ü
|
G,
|
Intelegensia
|
Kemampuan belajar secara umum.
|
|
ü
|
V,
|
Bakat Verbal
|
Kemampuan untuk memahami arti kata-kata dan
penggunaannya secara tepat dan efektif.
|
|
ü
|
N,
|
Bakat Numerik
|
Kemampuan untuk melakukan operasi arithmatik
secara tepat dan akurat.
|
|
□
|
S,
|
Bakat pandang ruang
|
Kemampuan berpikir secara visual mengenai
bentuk-bentuk geometris, untuk memahami gambar-gambar dari benda-benda tiga
dimensi.
|
|
ü
|
P,
|
Bakat perapan bentuk
|
Kemampuan menyerap perincian-perincian yang
berkaitan dalam objek atau dalam gambar atau dalam bahan grafik.
|
|
ü
|
Q,
|
Bakat Ketelitian
|
Kemampuan menyerap perincian yang berkaitan
dalam bahan verbal atau dalam tabel.
|
|
ü
|
K,
|
Koordinasi Motorik
|
Kemampuan untuk mengkoordinir mata dan tangan
secara cepat dan cermat dalam membuat gerakan yang cepat.
|
|
ü
|
F,
|
Kecekatan Jari
|
Kemampuan menggerakkan jari-jemari dengan
mudah dan perlu keterampilan.
|
|
ü
|
E,
|
Koordinasi Mata,Tangan,Kaki
|
Kemampuan menggerakkan tangan dan kaki secara
koordinatif satu sama lain sesuai dengan rangsangan penglihatan.
|
|
ü
|
C,
|
Kemampuan membedakan warna
|
Kemampuan memadukan atau membedakan berbagai
warna yang asli, yang gemerlapan.
|
|
ü
|
M,
|
Kecekatan Tangan
|
Kemampuan menggerakkan
tangan dengan mudah dan penuh keterampilan.
|
• Temperamen Kerja
|
ü
|
D,
|
Directing – Control, Planning
(DCP)
|
Kemampuan menyesuaikan diri menerima tanggung
jawab untuk kegiatan memimpin, mengendalikan atau merencanakan.
|
|
ü
|
F,
|
Feeling – idea – Fact (FIF)
|
Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan
yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan atau fakta dari sudut pandangan
pribadi.
|
|
ü
|
I,
|
Influencing (INFLU)
|
Kemampuan menyesuaikan diri untuk pekerjaan -
pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam pendapat, sikap atau pertimbangan
mengenai gagasan.
|
|
ü
|
J,
|
Sensory & Judgmental
Creteria (SJC)
|
Kemampuan menyesuaikan diri pada kegiatan
perbuatan kesimpulan penilaian atau pembuatan peraturan berdasarkan kriteria
rangsangan indera atau atas dasar pertimbangan pribadi.
|
|
□
|
M,
|
Measurable and Verifiable
Creteria (MUC)
|
Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan
pengambilan peraturan, pembuatan pertimbangan, atau pembuatan peraturan
berdasarkan kriteria yang diukur atau yang dapat diuji.
|
|
ü
|
P,
|
Dealing With People (DEPL)
|
Kemampuan menyesuaikan diri dalam berhubungan
dengan orang lain lebih dari hanya penerimaan dan pembuatan instruksi.
|
|
ü
|
R,
|
Repetitive and Continuous
(REPCON)
|
Kemampuan menyesuaikan diri dalam
kegiatan-kegiatan yang berulang, atau secara terus menerus melakukan kegiatan
yang sama, sesuai dengan perangkat prosedur, urutan atau kecepatan yang
tertentu.
|
|
□
|
S,
|
Performing under stress (PUS)
|
Kemampuan menyesuaikan diri untuk bekerja
dengan ketegangan jiwa jika berhadapan dengan keadaan darurat, kritis, tidak
biasa atau bahaya, atau bekerja dengan kecepatan kerja dan perhatian terus
menerus merupakan keseluruhan atau sebagian aspek pekerjaan.
|
|
ü
|
T,
|
Set Of Limits, Tolerance and
other standart (STS)
|
Kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi
yang menghendaki pencapaian dengan tepat menurut perangkat batas, toleransi
atau standar-standar tertentu.
|
|
□
|
V,
|
Variety and Changing Conditions
(VARCH)
|
Kemampuan menyesuaikan diri
untuk melaksanakan berbagai tugas, sering berganti dari tugas yang satu ke
tugas yang lainnya yang "berbeda" sifatnya, tanpa kehilangan
efisiensi atau ketenangan diri.
|
• Minat Kerja(
dicontreng yang sesuai )
|
□
|
1a.
|
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan benda-benda dan obyek-obyek.
|
|
□
|
1b.
|
Pilihan melakukan kegiatan yang berhubungan
dengan komunikasi data.
|
|
□
|
2a.
|
Pilihan melakukan kegiatan yang berhubungan
dengan orang dalam niaga.
|
|
□
|
2b.
|
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang
bersifat ilmiah dan teknik.
|
|
ü
|
3a.
|
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan rutin,
konkrit & teratur.
|
|
□
|
3b.
|
Pilihan melakukan kegiatan yang bersifat
abstrak dan kreatif.
|
|
ü
|
4a.
|
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang
dianggap baik bagi orang lain.
|
|
□
|
4b.
|
Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang
berhubungan mesin dan teknik.
|
|
□
|
5a.
|
Pilihan melakukan kegiatan yang menghasil-kan
penghargaan dari pihak orang lain.
|
|
□
|
5b.
|
Pilihan melakukan kegiatan
yang menghasil-kan kepuasan nyata dan dengan proses.
|
•
Upaya Kerja( dicontreng yang sesuai )
|
ü
|
Berdiri
|
Berada di suatu tern pat dalam posisi tegak
ditempat tanpa pindah ke tempat lain.
|
|
ü
|
Berjalan
|
Bergerak dengan jalan kaki.
|
|
ü
|
Duduk
|
Berada dalam suatu tempat dalam posisi duduk
biasa.
|
|
□
|
Mengangkat
|
Menaikkan atau menurunkan benda di satu
tingkat ke tingkat lain (termasuk menarik ke atas).
|
|
□
|
Membawa
|
Memindahkan benda, umumnya dengan menggunakan
tang an, lengan atau bahu.
|
|
□
|
Mendorong
|
Menggunakan tenaga untuk memindahkan benda
menjauhi badan.
|
|
□
|
Menarik
|
Menggunakan tenaga untuk memindahkan suatu
benda ke arah badan (termasuk menyentak atau merenggut).
|
|
□
|
Memanjat
|
Naik atau turun tangga, tiang, lorong dan
Iain-Iain dengan menggunakan kaki, tangan, dan kaki.
|
|
□
|
Menyimpan imbangan /
Mengatur imbangan
|
Agar tidak jatuh badan waktu berjalan,
berdiri, membungkuk, atau beiiari di atas tempat yang agak sempit, licin dan
tinggi tanpa alat pegangan, atau mengatur imbangan pada waktu melakukan olah
raga senam.
|
|
□
|
Menunduk
|
Melengkungkan tubuh dengan cara melekukkan
tulang punggung dan kaki.
|
|
□
|
Berlutut
|
Melengkungkan paha kaki pada lutut dan berdiam
di suatu tempat dengan tubuh diatas lutut.
|
|
□
|
Membungkuk
|
Melengkungkan tubuh dengan cara melengkungkan
tulang punggung sampai kira-kira sejajar dengan pinggang.
|
|
□
|
Merangkak
|
Bergerak dengan menggunakan tangan dan lutut
atau kaki dan tangan.
|
|
□
|
Menjangkau
|
Mengulurkan tangan dan lengan ke jurusan
tertentu.
|
|
□
|
Memegang
|
Dengan satu atau dua tangan mengukur,
menggenggam, memutar dan lain sebagainya.
|
|
□
|
Bekerja dengan jari
|
Memungut, menjepit, menekan dan lain
sebagainya dengan menggunakan jari (berbeda dengan "memegang" yang
terutama menggunakan seluruh bagian tangan).
|
|
□
|
Meraba
|
Menyentuh dengan jari atau telapak tangan
untuk mengetahui sifat-sifat benda seperti, suhu, bentuk.
|
|
ü
|
Berbicara
|
Menyatakan atau bertukar pikiran secara lisan
agar dapat dipahami.
|
|
ü
|
Mendengar
|
Menggunakan telinga untuk mengetahui adanya
suara.
|
|
ü
|
Melihat
|
Usaha mengetahui dengan menggunakan mata.
|
|
□
|
Ketajaman jarak jauh
|
Kejelasan penglihatan dalam jarak lebih dari 5
meter.
|
|
ü
|
Ketajaman jarak dekat
|
Kejelasan penglihatan kejelasan dalam jarak
kurang dari 5 meter.
|
|
□
|
Pengamatan secara
Mendalam
|
Penglihatan dalam 3 dimensi, untuk menetapkan
hubungan antara jarak, ruang serta cara melihat benda dimana benda tersebut
berada dan sebagaimana adanya.
|
|
□
|
Penyesuaian Lensa mata
|
Penyesuaian lensa mata untuk melihat suatu
benda yang sangat penting bila melaksanakan pekerjaan yang perlu dengan
melihat benda-benda dalam jarak dan arah yang berbeda.
|
|
ü
|
Melihat berbagai warna
|
Membedakan warna yang terdapat dalam pekerjaan.
|
|
□
|
Luas
|
Melihat suatu daerah
pandang, ke atas dan ke bawah pandang atau ke kanan atau ke kiri sedang mata
tetap berada di titik tertentu.
|
• Kondisi Fisik
Jenis kelamin : ü Pria □ Wanita □ Pria/Wanita
Umur (Tahun) : 44 Tahun
Tinggi Badan (cm) : 170 cm
Berat Badan (kg) : 70 kg.
Postur : ...........................
• Penampilan : .............................
• Fungsi Jabatan
|
□
|
B0, Memasang Mesin
|
Menyesuaikan mesin untuk melakukan suatu
pekerjaan tertentu dengan memasang, mengubah komponen-komponennya atau
memperbaiki mesin menurut standar.
|
|
□
|
B1, Mengerjakan persisi
|
Menggunakan anggota badan atau perkakas untuk
mengerjakan, memindahkan, menga-rahkan atau menempatkan obyek secara tepat
sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dengan toleransi yang kecil.
|
|
□
|
B2, Menjalankan-mengontrol
mesin
|
Menghidupkan, menyetel, mengatur kerja dan
menghentikan mesin serta mengamati berbagai alat petunjuk pada mesin.
|
|
□
|
B3, Mengemudikan/menjalankan
mesin
|
Menghidupkan, menghentikan, mengatur jalan mesin
atau peralatan yang arahnya harus dikemudikan untuk memproses atau
memindahkan benda atau orang. Dalam fungsi ini mesin sifatnya bergerak atau
berjalan.
|
|
□
|
B4, Mengerjakan benda dengan
tangan atau perkakas
|
Menggunakan anggota badan, seperangkat alat perkakas
tangan atau alat-alat khusus untuk mengerjakan, menggerakkan, menga-rahkan
atau menempatkan benda.
|
|
□
|
B5, Melayani mesin
|
Menghidupkan, menghentikan dan mengamati
kerja mesin beserta peralatannya.
|
|
□
|
B6, Memasukkan, mengeluarkan
barang ke/dari mesin
|
Menyisipkan, memasukan, mencelupkan atau
menempatkan bahan ke dalam atau memindahkan dari mesin, atau dari peralatan
otomatis, atau yang dilayani, atau yang dioperasikan oleh karyawan- karyawan
lainnya.
|
|
□
|
B7, Memegang
|
Menggunakan anggota badan, perkakas tangan
atau alat khusus lain dalam mengerjakan, memindahkan atau membawa benda.
|
|
□
|
D0, Memadukan data
|
Menyatukan atau memadukan hasil analisis data
untuk menemukan fakta menyusun karangan atau mengembangkan konsep,
pengetahuan, interprestasi, menciptakan gagasan dengan menggunakan imajinasi.
|
|
□
|
D1, Mengkoordinasi data
|
Menentukan waktu, tempat atau urutan operasi
yang akan dilaksanakan atau tindakan yang harus diambil berdasarkan hasil
analisa data, melaksanakan ketentuan atau melaporkan kejadian dengan cara
menghubung-hubungkan mencari kaitan sella membandingkan data setelah data
tersebut dianalisa.
|
|
□
|
D2, Menganalisis data
|
Mempelajari, mengurangi, merinci dan menilai
data untuk mendapatkan kejelasan, atau menyajikan tindakan alternatif.
|
|
□
|
D3, Menyusun data
|
Mengerjakan, Menghimpun atau mengelompokkan
tentang data, orang atau benda.
|
|
□
|
D4, Menghitung data
|
Mengerjakan perhitungan aritmatika, (tambah,
kurang, bagi mencacah tidak termasuk dalam
|
|
□
|
D5, Menyalin data
|
Menyalin, mencatat atau memindahkan data
|
|
□
|
D6, Membandingkan data
|
Mengidentifikasikan persamaan atau perbedaan
sifat - sifat data, orang atau benda yang dapat diamati secara langsung,
serta secara fisik, dan sedikit sekali memerlukan upaya mental.
|
|
ü
|
O0, Menasehati
|
Memberi bimbingan, saran, konsultasi atau
nasehat kepada perorangan atau instansi dalam pemecahan masalah berdasarkan
disiplin ilmu, spiritual, atau prinsip - prinsip keahlian lainnya.
|
|
ü
|
O1, Berunding
|
Menyelesaikan masalah tukar menukar dan beradu
pendapat, argumen, gagasan, dengan pihak lain membuat keputusan.
|
|
ü
|
O2, Mengajar
|
Melatih orang lain dengan memberikan
penjelasan, peragaan, bimbingan teknis, atau memberikan rekomendasi atas
dasar disiplin yang bersifat teknis.
|
|
□
|
O3, Menyelia
|
Menentukan atau menafsirkan prosedur ker-ja,
membagi tugas, menciptakan dan meme-lihara hubungan yang harmonis diantara
bawahan dan meningkatkan efisiensi.
|
|
□
|
O4, Menghibur
|
Menghibur orang lain, biasanya menggu-nakan
media panggung, film, televisi dan radio.
|
|
ü
|
O5, Mempengaruhi
|
Mempengaruhi orang lain untuk memperoleh
keuntungan dalam benda, jasa atau pendapat.
|
|
ü
|
O6, Berbicara-memberi tanda
|
Berbicara atau memberi tanda kepada orang lain
untuk meminta, memberi informasi atau untuk mendapatkan tanggapan atau reaksi
yang sifatnya tidak konseptual.
|
|
□
|
O7, Melayani orang
|
Memenuhi kebutuhan atau permintaan orang lain
atau hewan, baik yang dinyatakan atau yang tidak langsung dinyatakan tetap
harus dilaksanakan menurut ketentuan. Fungsi ini diperlukan pengetahuan dan
keterampilan khusus untuk melaksana-kannya.
|
|
ü
|
O8, Menerima instruksi
|
Membantu melaksanakan kerja
berdasarkan perintah atasan yang tidak memerlukan tanggapan.
|
I. Prestasi
Hasil Kerja : .............................
Jumlah Satuan : .............................
Waktu yang diperlukan : .............................
Baturaja, September 2015.
terima kasih blog Pak Ade ini sangat membantu saya. terus berjuang untuk maju
BalasHapus